Kamis, 28 November 2013

Organisasi dan prinsip organisasi



ORGANISASI
Organisasi berasal dari bahasa yunani yaitu “organon” dan bahasa latin “organum” yang berarti alat, bagian, anggota, atau badan
Pengertian Organisasi menurut beberapa ahli:
1. Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang di bawah pengarahan manajer (pimpinan) untuk mengejar tujuan bersama.
2. Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

PRINSIP-PRINSIP ORGANISASI
1.    Prinsip Perumusan Tujuan
Ø  Organisasi harus memiliki tujuan (visi) yang jelas.
2.    Prinsip Pembagian Kerja
Ø  Job desc agara tidak terjadi tumpang tindih (overlapping) didalam organisasi
3.    Prinsip Pendelegasian Kekuasaan/wewenang
Ø  Pemberian kekuasaan oleh karyawan untuk dimintai pertanggungjawaban
4.    Prinsip Tingkat Pengawasan
Ø  Sistem Pengawasan Yang dilakukan
5.    Prinsip Rentang Manajemen
Ø  Pembuatan struktur organisasi
6.    Prinsip Kesatuan Perintah
Ø  Yaitu organisasi yang dilakukan oleh satu orang pemimpin dan satu perintah
7.    Prinsip Koordinasi
Ø  Usaha mengarahkan kegiatan prosedur kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar